Yananto Mihadi

Berilmu Sebelum Berkata dan Berbuat, Upaya Menghilangkan Kebodohan dari Diri Sendiri dan Orang Lain..

Lho kok Korea dan India, di tahun 2009 justru meningkat pertumbuhannya – gimana caranya ?

Posted by yananto pada Kamis, 9 Oktober 2008

Karena krisis moneter biasanya beruntun dari negara ke negara, misalnya di tahun 1997-1998 dari Korea dan Thailand lalu ke Indonesia, maka saya saat ini sedang tertarik memonitor berbagai prediksi pertumbuhan ekonomi pada berbagai negara di Asia tenggara dan Asia timur. Berikut ini prediksi terakhir (data-data paling ”gres”) yang memprediksi pertumbuhan ekonomi pada masing-masing negara untuk tahun 2008 dan 2009 :

Namun ada 2(dua) negara yang terlihat optimis dalam meramal pertumbuhan ekonomi di 2009, walaupun ada dampak krisis di USA, yaitu :

Setelah saya pelajari, ternyata kedua negara tersebut sangat mengandalkan pada pertumbuhan di bidang industri manufaktur :


Korea adalah sebuah contoh yang menarik dari sebuah negara yang tidak punya natural resources, dan di tahun 1961 income per kapita-nya masih dibawah sebagian besar negara-negara Afrika. Namun saat ini, ia menjadi negara ekonomi no:4 terbesar di Asia dan mampu mengatasi berbagai krisis ekonomi. Baca sejarah perkembangan industri Korea disini dan juga apa upaya-upaya negara Korea di masa mendatang untuk memenangkan persaingan melalui Research and Development (R&D). Keseriusan Korea di bidang R&D dapat dilihat pada anggaran investasi R&D, yang akan terus dinaikan dari 3% GDP di tahun 2009 ke 5 % GDP di tahun 2012. Tapi juga harap perhatikan bahwa Korea menganggarkan di tahun 2009, sebagian besar anggaran belanjanya untuk pembangunan Infrastruktur.

Jadi bagaimana caranya Indonesia menghadapi krisis kali ini ?. Jika kita menengok ke Korea, maka Indonesia perlu terus menerus melakukan peningkatan daya saing (competitiveness) melalui pembangunan industri manufaktur yang berbasis R & D dan juga pembangunan infrastruktur.

Sumber: http://www.triharyo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: