Yananto Mihadi

Berilmu Sebelum Berkata dan Berbuat, Upaya Menghilangkan Kebodohan dari Diri Sendiri dan Orang Lain..

Rupiah Terjun Bebas Dekati Rp9.600

Posted by yananto pada Senin, 6 Oktober 2008

Kondisi nilai tukar rupiah tidak kalah hancur dengan indeks harga saham gabungan (IHSG). Bahkan, berpotensi tembus Rp9.600 per USD.

Hal itu dikatakan oleh Head Trading Bank Niaga Emanuel Kurniawan Kriswijayanto, kepada okezone di Jakarta, Senin (6/10/2008).

“Tapi dengan catatan jika pengumuman Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai inflasi September 2008 masih tinggi. Sentimen itu akan memperburuk kondisi rupiah,” ujarnya.

Menurutnya, nilai tukar rupiah pada perdagangan sesi pertama hari ini bergerak liar hingga menembus Rp9.535-Rp9.580 per USD. Artinya, rupiah melemah 115 poin dibanding perdagangan Senin 29 September 2008 lalu yang ditutup di posisi Rp9435 per USD.

Hal ini dikarenakan, USD banyak diburu oleh pelaku pasar global. Akibatnya, USD menjadi menguat terhadap seluruh mata uang utama dunia.

Emanuel mengatakan, melihat pelemahan signifikan ini, Bank Indonesia (BI) langsung menjaga nilai tukar di posisi Rp9.550 per USD. Jika tidak rupiah sudah tembus Rp10.000 per USD.

Kondisi perbankan Jerman yang sudah ikut tertular ancaman resesi ekonomi Amerika, menjadi salah satu indikator. “Fortis, bank terbesar di Jerman saja sudah tumbang. Jadi saat ini yang terjadi adalah krisis likuiditas,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: