Yananto Mihadi

Berilmu Sebelum Berkata dan Berbuat, Upaya Menghilangkan Kebodohan dari Diri Sendiri dan Orang Lain..

Krisis AS Pangkas Nilai Transaksi BEI

Posted by yananto pada Senin, 6 Oktober 2008

Ambruknya sistem keuangan AS ikut berimbas ke transaksi harian perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Nilai transaksi berpotensi turun menjadi Rp 3 triliun dalam 3 hingga 6 bulan ke depan.

“Rata-rata transaksi harian BEI bisa berada di level Rp 3 triliun selama 3 hingga 6 bulan ke depan,” ujar Direktur Utama BEI, Erry Firmansyah di kantornya, SCBD, Jakarta, Senin (6/10/2008).

Erry mengungkapkan pada tahun lalu rata-rata transaksi harian perdagangan saham di BEI sebesar Rp 4,2 triliun. Hingga Agustus 2008, rata-rata hariannya sempat menembus Rp 5 triliun. Namun pada September 2008, bersamaan dengan masuk bulan Ramadan, transaksi harian turun ke level Rp 3 triliun.

“Kami perkirakan angka tersebut akan bertahan dalam 3 hingga 6 bulan ke depan. Dampak perbaikan sistem keuangan AS seperti rencana bailout sepertinya belum akan terasa dalam waktu dekat. Paling tidak perdagangan saham baru akan kembali normal sekitar 3 hingga 6 bulan ke depan,” jelas Erry.

Erry mengakui bahwa pelaku pasar belum memberikan respons positif terhadap persetujuan bailout US$ 700 miliar oleh pemerintah AS. Selain membutuhkan proses, rencana bailout masih menjadi pertanyaan pelaku pasar.

“Ya harus dilihat dulu implementasi bailout nanti seperti apa. Seperti kita ketahui, aset-aset yang akan dibeli dengan dana US$ 700 miliar tersebut terbatas pada asset-aset yang dimiliki warga AS saja. Ini menjadi suatu pertanyaan juga buat pelaku pasar,” papar Erry.

Meski Erry tidak bisa menyebutkan perkiraan level IHSG ke depan, namun pelaku pasar memperkirakan IHSG akan kembali menyentuh level 1.500 dalam sepekan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: