Yananto Mihadi

Berilmu Sebelum Berkata dan Berbuat, Upaya Menghilangkan Kebodohan dari Diri Sendiri dan Orang Lain..

Selamat Sempurna Optimistis Raih Pendapatan Rp1,25 T

Posted by yananto pada Minggu, 7 September 2008

Pasar komponen otomotif yang kondusif, membuat PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) optimistis raih target pendapatan akhir tahun sebesar Rp1,25 triliun, atau meningkat 18 persen dari tahun lalu sebesar Rp1,06 miliar. Hingga semester I-2008, perseroan sudah meraih penjualan bersih sebesar Rp658 miliar atau setengah lebih dari target tersebut.

“Kenaikan penjualan yang cukup tinggi pada semester I membuat kami optimistis meraih penjualan Rp1,25 triliun pada akhir tahun,” ujar Direktur sekaligus Corporate Secretary SMSM Ang Andri Pribadi, dalam materi paparan publik, di Jakarta, Jumat (5/9/2008).

Adapun, selama pertengahan tahun ini, perseroan berhasil mengalami peningkatan penjualan 27 persen, menjadi Rp658 miliar dari Rp36 miliar. Sedangkan laba bersih meningkat 50 persen menjadi Rp54 miliar dari Rp36 miliar.

Peningkatan tersebut diakibatkan naiknya penjualan produksi utama perseroan yaitu radiator dan filter. Sementara itu, penjualan radiator mencapai 311.200 unit, atau naik 12 persen dari periode sama tahun sebelumnya yang hanya 278.300 unit. Sedangkan penjualan filter pada semester I-2008 ini mencapai 23,63 juta unit, atau meningkat 7 persen dari sebelumnya 22,12 juta unit. Sementara laba per saham (Earning Per Share) selama semester I-2008, menjadi Rp38 atau naik 52 persen.

Di samping itu, radiator memberi kontribusi terbesar penjualan sebesar 76 persen, dan filter sebesar 21 persen. Sementara untuk pasar, penjualan di semester I-2008 banyak berasal dari ekspor, yang mengambil porsi 74 persen dari penjualan. “Nilai ekspor selama pertengahan tahun mencapai Rp485 miliar, sementara untuk pasar dalam negeri sebesar Rp173 miliar,” ujar Ang.

Selain itu, pasar ekspor, menurut Ang terbesar berada di wilayah Asia dengan 42 persen, sementara Amerika 29 persen, Eropa 20 persen, dan sisanya adalah Australia. Saat ini, perseroan tengah memfokuskan peningkatan penjualan untuk mempertahankan posisi sebagai market leader di industri komponen otomotif. Perseroan juga berusaha untuk meningkatkan teknologi, kualitas serta kecepatan dalam pengiriman.

“Kami juga meningkatkan efisiensi dalam setiap aspek operasi usaha,” terang Ang.
(Juni Triyanto /Sindo/ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: