Yananto Mihadi

Berilmu Sebelum Berkata dan Berbuat, Upaya Menghilangkan Kebodohan dari Diri Sendiri dan Orang Lain..

IHSG Nggak Karuan Akibat Tertekan Komoditi Minyak

Posted by yananto pada Minggu, 7 September 2008

Amburadulnya indeks harga saham gabungan (IHSG) yang terjadi pada perdagangan pagi ini merupakan perpanjangan dari buruknya performa indeks global.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (5/9/2008) sampai dengan pukul menjelang penutupan sesi I Jumat (5/9/2008), indeks turun 71,64 poin atau 3,45 persen ke posisi 2.003,59.

Menurut Direktur Bhakti Capital Securities Budi Ruseno, hal tersebut terjadi akibat tekanan penurunan harga minyak dan ambruknya Wall Street pada perdagangan tadi malam.

“Indeks kembali anjlok diakibatkan teknikal cenderung turun. Faktor eksternal yang didukung oleh 22 persen market capital dikuasai oleh sektor minning dan agribisnis dunia serta harga minyak yang bergerak melorot di bawah USD108 per barel dan Wall Street yang makin nggak karuan,” ujar Direktur PT Bhakti Capital Securities Budi Ruseno, saat dihubungi okezone, Jumat (5/9/2008).

Dia menambahkan, faktor lain yang menjadi pendorong anjloknya IHSG diakhir penutupan sesi I ini, karena faktor internal. Kebijakan Bank Indonesia (BI) yang kenaikkan suku bunga. “Ini juga akibat kenaikan suku bunga yang tinggi, sehingga berdampak ke semua sektor” ujarnya.

Budi berharap, sampai penutupan perdagangan di akhir pekan ini, diharapkan tetap di atas posisi aman sekitar 2.000 poin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: