Yananto Mihadi

Berilmu Sebelum Berkata dan Berbuat, Upaya Menghilangkan Kebodohan dari Diri Sendiri dan Orang Lain..

Kena Profit Taking, Rupiah Melorot

Posted by yananto pada Kamis, 7 Agustus 2008

Rupiah Kamis pagi merosot lagi di atas angka Rp 9.100 per dollar AS, karena pelaku pasar aktif melakukan aksi lepas untuk mencari untung. Nilai tukar rupiah melemah ke posisi Rp 9.114 per dollar AS.

Analis Valas PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova mengatakan di Jakarta, aksi konsolidasi oleh pelaku pasar masih berlanjut, karena posisi rupiah saat ini dinilai cukup stabil. “Hal ini hanya merupakan teknikal saja, namun rupiah masih berpeluang untuk bisa naik kembali,” sebutnya.

Menurut Rully, rupiah akan mendapat sentimen positif dengan masuknya dana lokal yang selama ini diparkir diluar negeri menjelang pemilihan umum (pemilu) 2009. “Kami optimistis rupiah masih dapat bergerak naik lagi. Kenaikan bunga BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 9,00 persen juga akan memicu rupiah menguat, karena pelaku asing diperkirakan akan meningkatkan portofolio investasinya di dalam negeri,” ucapnya.

Ia mengatakan, Bank Indonesia (BI) sebelumnya menginginkan rupiah berada di bawah angka Rp 9.200 per dollar AS berkisar antara Rp 9.150-Rp 9.175 per dollar, bahkan kalau memungkinkan menembus angka Rp 9.100 per dollar AS. “Karena itu posisi rupiah pada saat ini dinilai masih sangat baik sesuai dengan keinginan BI dan pada posisi itu dinilai cukup aman,” katanya.

BI, menurut dia akan tetap menjaga rupiah agar tidak berada diluar koridor yang ditentukan, apalagi BI memiliki cadangan devisa yang cukup besar. “Meski demikian peluang rupiah untuk bisa menguat kembali mendekati angka Rp 9.000 per dollar AS masih cukup besar,” ucapnya.

Rupiah pada sore nanti diperkirakan akan membaik, karena sentimen positif masih tetap tinggi, hanya menunggu waktu yang tepat untuk bergerak naik lagi didukung investasi asing yang semakin besar. “Pasar juga sedang menunggu keputusan May Bank, yang menurut rencana akan membatalkan akusisinya terhadap Bank Internasional Indonesia Tbk (BII),” kata Rully Nova.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: