Yananto Mihadi

Berilmu Sebelum Berkata dan Berbuat, Upaya Menghilangkan Kebodohan dari Diri Sendiri dan Orang Lain..

Tips Penjualan Online Menarik Pelanggan Untuk Membeli Produk Anda

Posted by yananto pada Selasa, 27 Desember 2011

Artikel ini akan membahas tips penjualan online, Bagaimana cara untuk mengarahkan pelanggan agar membuat keputusan untuk membeli produk anda.

penjualan online

Buatlah pelanggan anda agar mengambil keputusan

Menginformasikan untuk memperkuat keputusan pelanggan dengan menawarkan informasi mendalam mengenai produk. Konten pada halaman produk harus relevan dan harus memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Pastikan bahwa website Anda membahas elemen-elemen kunci pada halaman produk, Berikut adalah elemen-elemen kunci tersebut :

1. Nama produk
Nama produk yang anda jual pada toko online anda harus mengandung kata kunci yang relevan untuk membantu pelanggan menemukan dan mengidentifikasi produk yang tepat. Untuk produk seperti buku, informasi tentang penulis dan edisi buku sangat diperlukan.

2. Gambar
Sebaiknya pada toko online tersebut anda menggunakan gambar produk yang jelas dengan beberapa alternative gambar. Apabila mungkin, sebaiknya pelanggan memiliki kebebasan untuk memperbesar gambar, sehingga mampu melihat produk lebih detail.

3. Video
Kadang pada toko online gambar statis tidak selalu cukup untuk memberikan gambaran mengenai produk. Video adalah cara yang baik untuk menampilkan produk yang kompleks yang membutuhkan penjelasan lebih rinci atau membutuhkan demonstrasi mengenai penggunaan produk tersebut
.
4. Harga dan ketersediaan produk
Tampilkan dengan jelas daftar harga dan ketersediaan. Jika produk anda memiliki variasi (misalnya, kapasitas yang berbeda untuk hard drive, atau warna yang berbeda untuk sepatu), mempermudah pengguna untuk mengidentifikasi kombinasi ukuran dan warna yang ada pada daftar produk. Anda juga harus mencantumkan jumlah stok barang yang masih tersedia.

5. Keterangan
Berikan pelanggan pemahaman yang jelas tentang produk yang Anda jual secara online dengan menyediakan deskripsi rinci mengenai produk, sebaiknya ditambah dengan teks dan multimedia. Deskripsi harus sederhana, jelas dan efektif. Pertimbangkan tampilan bagi pengguna komputer tablet maupun mobile internet.

6. Review dari pelanggan
Penilaian objektif dan ulasan oleh pelanggan akan membantu pengunjung untuk mengambil keputusan untuk membeli produk yang anda tawarkan.. Banyak pengguna mencari review dari orang lain untuk produk anda.

7. Saran dari produk-produk terkait
Saran dari produk terkait bisa menjadi pelengkap bagi produk yang anda tawarkan (misalnya, USB charger adaptor ketika pelanggan membeli sebuah iPod Touch), atau rekomendasi berdasarkan pembelian orang lain. Apapun sifat mereka, mereka harus relevan dan bermanfaat bagi pengguna, bukan hanya untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

8. Shortcut
Memberikan pengguna cara untuk menyimpan dan sharing halaman di website anda. Memberikan kemudahan bagi pelanggan anda untuk berlangganan website anda melalui email maupun berbagai pilihan kemudahan lainya.

9. Kontak Informasi
Berikan kontak yang jelas, sehingga pelanggandapat dengan mudah menghubungi anda.

10 . Add to cart
Berikan tombol “Add to cart” agar pelanggan dapat dengan mudah membeli produk anda.
penjualan online
Selalu Tampilkan Shopping-cart

Pelanggan biasanya meninggalkan shopping-cart untuk berbagai alasan, anda bisa mencegah mereka meningglkan shopping-cart dengan berbagai cara.

  1. Membuat keranjang belanja selalu terlihat dan dapat diakses dan menampilkan ringkasan item dalam shopping-cart adalah salah satu cara agar pelanggan tidak meninggalkan shopping-cart.
  2. Pengguna yang meninggalkan situs web tanpa menyelesaikan pembelian mereka harus melihat barang-barang mereka dalam shopping-cart ketika mereka kembali agar mereka dapat dengan mudah melanjutkan belanja dimana saja dan kapan saja.
  3. Menggunakan alamat pelanggan atau kode pos, pilihan pengiriman dan biaya, estimasi pengiriman, dan total biaya, sehingga menghindari terjadinya “cart-shock” pada saat-saat terakhir.
  4. Memberikan pengguna kemampuan untuk memperbarui keranjang belanja mereka tanpa harus kembali ke halaman produk.
  5. Jika Anda menawarkan diskon atau kupon, anda harus memberikan pilihan kepada pengguna untuk menebus kupon maupun diskon yang anda berikan.
  6. Anda harus memberikan layanan untuk menjawab pertanyaan yang mungkin dilontarkan oleh pembeli mengenai kapan barang mereka akan tiba, kebijakan mengenai retur barang, dan bagaimana menghubungi layanan bantuan melalui telepon atau chatting.

Buatlah form registrasi sesederhana mungkin dan optional

Membuat proses pendaftaran menjadi opsional dan sederhana adalah salah satu solusi agar pengguna membeli produk dari anda.

Pendaftaran yang memaksa adalah salah satu alasan utama mengapa pelanggan tidak melakukan pembelian produk yang anda tawarkan, karena mereka merasa repot dengan proses registrasi yang berkepanjangan. Ketika proses check-out dimulai, website anda harus memudahkan pelanggan untuk melakukan log-in dan melakukan pembayaran.

Berikanlah kemudahan bagi pelanggan baru untuk memilih barang yang mereka inginkan, ketika mereka akan melakukan check-out berikanlah kemudahan untuk melakukan registrasi dan pembayaran untuk membeli produk anda.

Mempermudah Proses Check-out

Anda dapat menyederhanakan proses check-out dengan rekomendasi yang relevan dan sebuah ringkasan mengenai konfirmasi pesanan.

Rekomendasi yang relevan dapat menjadi pengingat untuk pelanggan saat mereka melakukan proses check out. Rekomendasi pada saat check-out harus relevan dan berguna bagi pelanggan, bukan cara untuk mencoba untuk menawarkan dan menjual produk anda yang lain.

Lampirkan proses check-out dengan menghilangkan header, navigasi dan footer. Ini akan meminimalkan gangguan dan membimbing pelanggan melalui beberapa langkah terakhir untuk menyelesaikan pembelian mereka.

Anda juga harus memberikan pengguna pilihan untuk metode pembayaran. Mereka harus memiliki kebebasan untuk pilihan pembayaran, apakah mereka ingin menggunakan credit card, PayPal, Google Checkout atau pilihan lain.

Ketika menampilkan halaman ringkasan dari pesanan mereka, hal ini harus memungkinkan pelanggan untuk memverifikasi atau melakukan perubahan jika diperlukan. Hal ini juga untuk memberikan informasi mengenai tanggal pengiriman sehingga mereka dapat mengubah metode pengiriman jika diinginkan.

Setelah mereka melakukan pemesanan, website harus menampilkan halaman konfirmasi, dengan melampirkan nomor urut, dengan pilihan untuk mencetak atau menyimpan transaksi.
Jika website Anda memungkinkan pelanggan baru untuk melakukan check-out tanpa mendaftar, maka ini menjadi pilihan yang tepat untuyk menawarkan kepada mereka apakah mereka mau untuk membuat akun pada website anda.

Yap itulah tadi tips penjualan online yang nantinya bisa anda implementasikan pada toko online anda, selamat mencoba.

Sumber Artikel :http://tutorial-website.com/online-marketing/tips-penjualan-online-mengarahkan-pelanggan-untuk-membeli-produk-anda.html

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: